Selasa, 18 Agustus 2009

Pemasaran pertanian

Pertanian merupakan sektor yang paling diprioritaskan karna sebuah pertanian baik pertanian organik maupun non organik sangat penting bagi kehidupan dan kelangsungan manusia, adapun jenis pertanian berdasarkan penggolahan itu adalah:
1. pertanian pangan yangt meliputi bahan makanan seperti beras, gandum maupun jagung,
2. pertanian hortikultura merupakan tanaman hasil pertanian baik organik maupun non organiik sepertibuah-buahan, sayur-sayuran dan termasuk pula tanaman perkebunan.
3. pertanian palawija yaitu biji-bijian.

Setiap yang namanya pekerjaan pertanian akan diakhiri dengan pemasaran, pemasaran pertanian itu merupakan usaha atau tindakan penjualan hasil pertanian yang meliputi input-output.

dan masih banyak lagi pengertian pemasaran menurut para ahlinya:

A. Pengertian Pemasaran Menurut WY. Stanton

Pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

B. Pengertian Pemasaran Menurut H. Nystrom

Pemasaran merupakan suatu kegiatan penyaluran barang atau jasa dari tangan produsen ke tangan konsumen.

C. Pengertian Pemasaran Menurut Philip dan Duncan

Pemasaran yaitu sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang yang bersifat tangible ke tangan konsumen.

D. Pengertian Pemasaran Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat / American Merketing Association

Pemasaran adalah pelaksanaan kegiatan usaha pedagangan yang diarahkan pada aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

adapun fungsi dari pemasaran itu ialah meliputi

Fungsi-Fungsi Pemasaran :

1. Fungsi Pertukaran

Dengan pemasaran pembeli dapat membeli produk dari produsen baik dengan menukar uang dengan produk maupun pertukaran produk dengan produk (barter) untuk dipakai sendiri atau untuk dijual kembali.

2. Fungsi Fisik

fisik suatu produk dilakukan dengan cara mengangkut serta menyimpan produk dan pengolahan hasil pertanian.

3. Fungsi penyedia pasilitas

meliputi penanggungan resiko kerugian, penyediaan info harga barang dan penyedia pasilitas seperti transportasi.

faktor produksi
-biaya
-eksperimen
-tanah
-modal

defenisi elastisitas permintaan yang sangat perlu diperhitungkan adalah tingkatan perubahan permintaan konsumen terhasap barang dan jasa yang dapat mengakibatkan fluktuasi.
definisi elastisitas penawaran adalah perubahan aliran barang dan jasa yang ditawarkan.

sifat-sifat barang pertanian antara lain mudah busuk, habis dalam sekali pemakaian, musiman. untuk meningkatkan kualitas produk pertanian ini perlu proses penggolahan yang cukup spesifik agar produk pertanian yang sangat dibutuhkan oleh masarakan habis terjual tindakan produsen antara lain menjaga keutuhan keunggulan produk, tidak menyimpan terlalu lama yang dapat membuat produk busuk, penjagaan kebersihan produk dari serangga yang memakan produk pertanian.

1 komentar:

Artikel yang sangat bagus, bisa menjadi referensi untuk membuat makalah tentang pemasaran pertanian organik, terima kasih

Posting Komentar

HI All........
Thanks for reading my post.
I would be glad if you give me a comment abaout this post.

LINKS

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Untuk Visitor Yang Berminat Berinvestasi Di Pertambangan Silahkan Saudara/i Kunjungi Website Kami http://ahmad-tarmizi.blogspot.com/ Kami SiapMelayani Anda Thanks.