Senin, 12 Maret 2012

operator tingkat lanjut dan advanced

operator tingkat lanut dan advanced fungsinya search engine google spesific ( pencarian baik berupa file atau judul atau url yang spesifik) untuk mengunakannya sangatlah mudah terutama pencarian dalam title untuk mengoptimalisasi pencarian dengan operator tingkat lanjut mari kita sima.

Pada tulisan terdahulu, anda telah mengenal teknik dasar pencarian pada Google. Kali ini kita akan mencoba operator tingkat lanjut (operator advanced), fitur ini berfungsi untuk meningkatkan performa dan efisiensi query pencarian. Pencarian akan lebih valid dan tepat sasaran, dari ribuan bahkan jutaan informasi yang digunakan.
Untuk menggunakan operator advanced, perlu diperhatikan hal berikut :
  1. Tidak perlu menggunakan spasi antara operator, titik dua dan kata sesudahnya.
  2. Anda dapat menggunakan sintaks seperti yang telah dibahas sebelumnya. Misalnya dengan menggunakan sebuah kata tunggal atau kalimat dengan menghilangkan tanda spasi antara operator dan titik dua.
  3. Operator Boolean dan karakter tertentu, misalnya or atau tanda + hanya bias digunakan untuk query pada operator advanced.
  4. Operator ALL hanya dapat digunakan sekali dan tidak dapat dikombinasikan dengan operator lainnya.
Beberapa operator tingakat lanjut yang dapat digunakan antara lain:
1. Intitle : Pencarian judul dalam satu halaman web.
Teknik pencarian title atau jdul halaman dapat ditemukan dengan tag TITLE dari dokumen HTML. Ketika menggunakan Intitle, sintaks dari query string  dapat ditemukan setelah kata atau ungkapan diikuti oleh kata Intitle disetiap ungkapan yang akan dicari.
Contoh :
  • Intitle:google  Query ini berfungsi mencari halaman web yang memiliki kata Google pada tiap-tiap judulnya.
  • Intitle:”index of” Query ini berfungsi untuk kembali ke halaman yang mempunyai indeks frase (ungkapan) seperti  pada judul.
  • Intitle:”index of” private Query ini berfungsi untuk kembali ke halaman yang mempunyai  indeks frase dari judul tersebut dan memiliki kata “private” di setiap halamannya.
Operator ini dapat juga dibuat Allintitle yang akan menginformasikan mesin pencari google bahwa setiap kata tunggal atau ungkapan yang diikuti dapat ditemukan dalam setiap judul halaman.
2. Allintext : Penempatan string dengan teks dari halaman web.
Operator ini merupakan operator paling sederhana yang digunakan sejak google meningkatkan performa. Digunakan untuk mencari teks dalam halaman web.
3. Inurl dan Allinurl : mencari teks dalam url.
URL kepanjangan dari Uniform Resource Locator, merupakan rangkaian karakter menurut suatu format dan standar tertentu yang digunakan untuk menunjukan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar. Setiap url dimulai dengan protocol, seperti http:// atau ftp://
Contoh :
  • Inurl: kamus
  • Allinurl: kamus
Operator ini akan mencari kata “Kamus” dalam dokumen. Pada contoh di atas, Google telah menginstruksikan mencari kata kamus hanya dalam URL dari dokumen sebanyak 8,280 link jika menggunakan operator Inurl dan sebanyak 1,050,000 link jika menggunakan operator Allinurl. Bandingkan hasilnya pada  kedua screenshot berikut :
Allinurl

inurl

4. Site: Pencarian website tertentu.
Walaupun teknik pencarian URL dan address atau nama domain dari server dapat dicari menggunakan operator Site, namun operator site hanya dapat mencari halaman web yang menjadi host dari server atau domain tertentu.
Contoh :
Site: agussuwasono.com
Site: blog.agussuwasono.com

5. Filetype: Pencarian file tertentu.
Mesin pencari Google tidak hanya bekerja pada halaman web, tetapi dapat juga mencari beberapa file dalam format yang berbeda seperti pdf maupun Microsoft Office.
Operator Filetype akan akan mencari halaman yang diakhiri dengan ekstension file tertentu. Berikut beberapa nama file yang umum dipergunakan :
  • Adobe Portable Document Format (pdf)
  • Adobe PostScript (ps)
  • Lotus 1-2-3 (wk1,wk2,wk3,wk4,wk5,wki,wks,wku)
  • Macwrite (mw)
  • Microsoft Excel (xls)
  • Microsoft Excel 2007 (xlsx)
  • Microsoft Word (doc)
  • Microsoft Word 2007 (docx)
  • Rich text format (rtf)
  • Text (txt,ans)
Pada kasus tertentu hasil pencarian akan ditampilkan sebagai link HTML, artinya file dimaksud dikonversikan ke dalam format HTML.
Contoh :
filetype:doc beasiswa
6. Link: Mencari link ke halaman web
Berfungsi untuk mengajak anda mencari halaman web yang mempunyai link ke halaman web yang lain.
Contoh : Link: www.al-islam.agussuwasono.com
Link

7. Inanchor : Mencari Teks dengan Link teks
Operator ini dapat digabungkan dengan operator link, sehingga Inanchor akan selalu mencari teks yang mempresentasikan link, meskipun tidak selalu berupa URL.
Contoh : inanchor: pump
8. Cache: Menampilkan versi halaman website.
Google akan menampilkan halaman link yang lambat diakses melalui link halaman hasil pencarian. Seperti pada operator link, operator cache juga akan melewatkan hostname atau URL yang tidak ditemukan sebagai parameter cache yang akan dimasukkan dalam query sebagai pencarian frase.
9. Numrange: Pencarian nomor atau angka.
Berfungsi melakukan pencarian nomor atau angka. Dalam prosesnya, ia akan selalu meminta dua parameter, nomor minimal dan nomor maksimal yang dipisahkan tanda minus(-).
Contoh : numrange: 12344-12349
10. Info: Menampilkan informasi kesimpulan Google
Merupakan operator yang menampilkan kesimpulan tentang inti utama suatu website. Selain itu juga akan menyediakan link ke pencarian Google lainnya yang mempunyai isi yang sama.
Contoh :  info: agussuwasono.com
11. Related: Menampilkan relasi website.
Operator ini akan akan menampilkan website yang telah ditentukan Google sebagai relasi atau mempunyai ciri yang sama dengan website tersebut.
12. Author: Mencari author dari newsgroup yang diposting.
Operator ini akan mengajak anda mencari penulis dari sebuah berita. Parameter pada pilihan ini dapat berupa nama atau alamat email.
Contoh :   Author: Abu Afif
13. Group: Mencari judul grup.
Operator ini tidak cocok dikombinasikan dengan dengan operator lain.
Contoh: mencari grup yang diakhiri dengan forsale maka sintaksnya menjadi Group:*.forsale
14. Insubject: Mencari baris subjek grup Google.
Sangat efektifdalam mencari baris grup Google seperti halnya pencarian dengan menggunakan operator intitle dan hasilnya akan memberikan pencarian yang sama.
15. Msgid : Penempatan posting dengan Message ID.
Hanya digunakan untuk pencarian di grup Google dengan menggunakan satu operator yaitu yaitu Group Message Identifier. Yaitu rangkaian (string) yang unik dengan cara mengidentifikasi posting newsgroup. Formatnya kadang-kadang berupa xxx@yyy.com
16. Stocks: pencarian informasi pasar saham.
Operator ini tidak cocok dikombinasikan dengan dengan operator lain.
17. Define: Menampilkan definisi suatu istilah
Operator ini akan memberikan argument lengkap dari kata atau frase yang dihubungkan ke berbagai sumber definisi yang ada.
Contoh : Define: pompa
18. Phonebook: Pencarian daftar nama telepon.
Berfungsi mencari nomor telephone baik yang bisnis atau rumah. Ada tiga operator yang bisa dipakai:
1. Rphonebook
2. Bphonebook
3. Phonebook
Ketika pertama kali anda menggunakan operator ini, google akan menampilkan tombol biasa, tetapi setelah hasil ditampilkan, google akan menampilkan tombol Search Phonebook.
Demikian, beberapa teknik dasar penggunaan operator Google. Semoga dapat diambil faedahnya guna memaksimalkan penggunaan Google sebagai mesin pencari.
Rujukan :
  1. Google Penggunaan, hacking dan bahayanya, Rahmat Putra, Kawan Pustaka, 2008.
  2. www.google.com

1 komentar:

Infonya sangat mendetail sekali kawan

Posting Komentar

HI All........
Thanks for reading my post.
I would be glad if you give me a comment abaout this post.

LINKS

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Untuk Visitor Yang Berminat Berinvestasi Di Pertambangan Silahkan Saudara/i Kunjungi Website Kami http://ahmad-tarmizi.blogspot.com/ Kami SiapMelayani Anda Thanks.